HOBI DAN KESEHATAN TATTO MANA YANG LEBIH PENTING

Tatto adalah gambar atau simbol yang di tulis pada kulit tubuh sebagai suatu ungkapan perasaan seseorang, yang diukir menggunakan alat sejenis jarum, dengan pilihan warna berbeda. Bila semula tatto merupakan bagian budaya ritual etnik tradisional, kini tatto berkembang menjadi ungkapan serta gaya hidup dan aksesoris bagi pencintanya. Dijaman sekarang ini pecinta seni tatto semakin meluas, mulai dari anak baru gede ( ABG ) sampai
mereka yang sudah dewasa. Merekan menempatkan tato di bagian mana saja pada tubuh mereka yang mereka sukai. Di Indonesia pernah ada suatu masa ketika tatto dianggap sebagai sesuatu hal yang buruk. Mereka yang memakai tatto diidentikkan dengan penjahat dan orang nakal. Mereka di golongan sebagai orang-orang yang hidup di jalanan dan selalu dianggap mengacau ketentraman masyarakat. Tanggapan negatif masyarakat tentang tatto bagi penganut agama tertentu yang manyoritas dianut oleh masyarakat indonesia, semakin menyempurnakan persepsi tatto sebagai sesuatu yang dilarang, di haramkan, dan tidak di perbolehkan. Namun kini, persepsi itu sirna dengan kemajuannya zaman globalisasi dan modern seperti saat ini. Fenomena yang berkembang sekarang adalah semakin banyak orang yang menghiasi tubuh mereka dengan tatto di bagian-bagian tubuh mereka yang sebelumnya jarang kita jumpai. Tidak hanya di bagian dada, bahu atau tangan saja. Tatto telah merambah ke bagian-bagian utama seperti wajah bahkan di bagian yang paling sensitif. 

Asal Mula Tatto
Kata tato diambil dari bahasa Tahiti “tatu,” yang berarti tanda. Walaupun bukti budaya tato ini terbatas, para ahli berkesimpulan bahwa seni tatto sudah ada sejak 12.000 tahun Sebelum Masehi. Dahulu tatto adalah ritual yang dilakukan suku-suku kuno seperti Maori, Inca, Ainu dan Polynesia.

Seputar kesehatan tatto.
Risiko Membuat Tato. Artis ternama TORA Sudiro pernah berkelakar bahwa kepanjangan dari namanya adalah ‘Tatonya Rame’. Ya memang, sudah sejak lama hingga kini pembuatan tato semakin digemari. Bukan hanya karena aksesnya yg gampang, biayanya pun relatif terjangkau. Inilah yg kemudian membuat tatto semakin populer. Tidak hanya kaum laki-laki, para perempuan pun marak memasang tatto dengan berbagai alasan. Sebelum memutuskan untuk membuat tatto baik yang permanen maupun yangsementara, ada baiknya anda melihat sisi efeknya terlebih dahulu. Pasalnya, menurut pakar dermatologi, membuat tatto juga bisa menimbulkan berbagai gangguan kesehatan, mulai dari alergi hingga infeksi hepatitis. Berikut beberapa fakta seputar tatto sebagai bahan pertimbangan Anda dalam membuat tatto.

Apa manfaat tato?
Ada beberapa alasan mengapa orang membuat tatto, untuk salah satunya menggambarkan kepribadian dan keunikan atau menunjukkan keanggotaan dari suatu kelompok mereka Ada juga sebagai wujud perasaan mereka terhadap suatu hal. Dan tidak banyak dari mereka yg hanya ikut – ikutan dalam pergaulan.
Apakah Anda masih ingin membuat tato juga?

Coba anda baca lagi artikel yang kami petik dari salah satu kutipan pernyataan Dr. Sriyatti. Dilihat dari dampaknya terhadap kesehatan, tatto dapat menimbulkan resiko yang seriusapabila tidak dilakukan secara tepat. Pembuatan tatto yang tepat perlu memperhatikan 3 hal berikut, yaitu: kondisi, profesionalitas, dan kebersihan.
Menurut Dr. Sriyatti Sengkey, DK, ahli aesthetic, penggunaan jarum untuk tato sering tidak steril. Dan jika ini tidak diperhatikan, seni tatto justru bisa jadi media penularan berbagai penyakit seperti hepatitis, penyakit kulit dan bahkan HIV. Ditambahkannya, banyak orang juga yang tidak mengetahui efek yang ditimbulkan oleh tatto. Kulit yang terkena tatto bisa bengkak dan terjadi infeksi, sementara kulit yang sudah terkena tatto sampai pada bagian dermis atau bagian paling dalam kulit, tidak bisa dikeluarkan lagi. Infeksi Apapun yang di dapat dari jenis tatto yg Anda gunakan, semuanya memiliki risiko. Risiko yg paling serius adalah infeksi yg bersifat mengancam kehidupan seperti HIV AID atau hepatitis. Infeksi ini berasal dari jarum yg tak bersih. Selain itu, bisa juga menimbulkan infeksi yg memicu penyakit kulit.
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s